Followers

pearl Visitor Tracking

pearl Shout


Recent Comments

Istilah yang sering dipakai untuk memadukan MapInfo dengan compiler jenis lain adalah integrated mapping. Pada penelitian ini aplikasi MapInfo berperan pasif, hanya memberi data yang diminta oleh aplikasi lain, dalam hal ini Visual Basic 6. Kondisi seperti ini menjadikan MapInfo berperan sebagai server, sementara Visual Basic 6 berperan sebagai client. Koneksi yang digunakan dalam penelitian tugas akhir adalah OLE automation.

Cara pemakaian objek OLE automation adalah dengan membentuk suatu objek yang akan digunakan untuk menyimpan referensi terhadap server OLE automation. Untuk itu perlu suatu definisi variabel objek pada awal pembuatan program, definisi terletak pada bagian paling atas dari listing program yang dibuat. Sehingga objek ini dapat digunakan pada routine manapun. Contoh penggunaan object OLE automation adalah sebagai berikut :

Set nama_object = CreateObject (“MapInfo.Application”).



Perintah set berfungsi agar object MapInfo.Application dapat dimanfaatkan oleh aplikasi yang dikembangkan oleh pengguna, CreateObject untuk mengaktifkan object pada memori. Untuk mengkoneksikan aplikasi maka diperlukan perintah GetObject pada baris kedua seperti berikut.

Set nama_object = GetObject (, “MapInfo.Application”)

Methods yang dimiliki oleh objek aplikasi MapInfo ini adalah sebagai berikut (prahasta, 2005) :

  • Do, metode ini akan menginterpretasikan sebuah (variabel) string sebagai baris perintah MapBasic dan kemudian mengeksekusikannya.
  • Eval, metode ini akan menginterpretasikan (variabel) string sebagai ekspresi (sering kali melibatkan hitungan, manipulasi, atau fungsi) MapBasic yang akan menghasilkan suatu nilai (string atau numerik). Nilai ini kemudian dikonversikan ke dalam tipe string oleh MapInfo. Tetapi jika string ini merupakan ekspresi logika, maka MapInfo akan menghasilkan karakter string “T” (true/benar) atau “F” (False/salah).

Untuk menampilkan hasil visual dari eksekusi baris-baris kode MapBasic yang dijalankan pada compiler VB maka perlu reparenting terhadap window aplikasi dan dokumen MapInfo. Untuk proses reparent ini maka diperlukan suatu kode sebagai berikut :

nama_object.Do (“Set Application Window” & NamaForm.hWnd)

“NamaForm” merupakan form tempat kode MapBasic ditulis. Untuk menampilkan gambar dari hasil eksekusi program maka diperlukan suatu kode lagi yaitu sebagai berikut :

nama_object.Do (“Set Next Document Parent” & NamaForm.hWnd & “Style 1”)

Kedua kode tersebut dapat ditulis dalam satu prosedur yang dapat dipanggil melalui “FormLoad” atau dari prosedur lainnya.


0 comments

Post a Comment

pearl machine detection

pearl YM

my pearl blog

pearl Counter

hit counter html code