Followers

pearl Visitor Tracking

pearl Shout


Recent Comments

Sekitar enam bulan setelah KDE generasi baru versi 4.0 diluncurkan, kemarin dirilis versi 4.1 yang sangat banyak menyertakan perbaikan dan peningkatan. Upaya terbesar para pengembang relawannya telah dipusatkan guna melibas masalah utama yaitu stabilitas di versi 4.0 yang banyak menuai kritik dan untuk penyempurnaan fitur Plasma.


Plasma, yaitu sebuah framework desktop baru yang diperkenalkan sejak KDE 4.0, menurut pengembangnya telah mencapai stadium yang pada prinsipnya siap menggantikan framework para penguna KDE generasi 3 pada umumnya. Dalam kata lain, para pengembang telah yakin akan kematangan versi KDE 4.1 yang baru berumur satu hari ini.

Untuk mendukung hal diatas, sejumlah aplikasi Plasma telah disempurnakan dan penampilan panel-panel diperbaiki. Panel dapat ditambahkan dan disisipkan dipojok halaman kerja desktop. Lebih lanjut bersama KDE 4.1 ini disertakan suit PIM berikut Kontact, Kmail, dan Newsreader Knode, seperti juga RSS-Reader Akregator dan PIM Korganizer.

Gambar1: KDE 4.1 (sumber KDE.org)

Kode sumber KDE 4.1 dapat segera diunduh disini . Paket jadi (binari) untuk distribusi seperti untuk OpenSuse 10.3 dan 11 maupun Mandriva 2008.1, Debian dan Fedora telah tersedia, sementara untuk distro-distro lainnya dalam proses konversi. Mandriva 2009.0 Beta 1 yang dirilis hari ini (30-07-2008) telah mengintegrasikan versi KDE 4.1 sebagai desktop utama.

KDE Developers juga menerbitkan Live CD berbasis OpenSUSE 11 installable KDE-Four-Live 1.1.0 mengadung semua modul KDE 4.1 termasuk KTorrent dan Amarok, Digikam, K3b, KOffice2 development releases. openSUSE 11.1 yang rencananya terbit dalam bulan Desember 2008 disebutkan akan mengintegrasikan versi KDE 4.1.

Jadwal rilis berikutnya perbaikan KDE 4.1 disebutkan: KDE 4.1.1 dalam bulan September tanggal 3, 4.1.2 akan dirilis dalam 1 Oktober dan 4.1.3 pada tanggal 5 November 2008. Rilis KDE 4.2.0 ditetapkan 6 bulan lagi yaitu pada tanggal 27 Januari 2009.
Sound-Framework Phonon yang disertakan KDE 4.1 misalnya merupakan Multimedia Backends baru untuk Gstreamer, QuickTime dan DirectShow 9 yang akan meningkatkan kemampuan multimedia KDE signifikan.


Gambar2: KDE-Four-Live CD 1.1.0 diatas OpenSUSE-11 (sumber: KDEDevelopers.org)

Lompatan perubahan selama enam bulan sejak versi 4.0 cukup luas dan telah dirasakan mereka yang telah mencoba kandidat rilis versi 4.1. Berdasarkan data yang disebutkan koordinator pengembangan KDE Dirk Müller, dalam setengah tahun terakhir telah dilakukan tidak kurang 20.803 perbaikan di kode sumbernya dan 15.432 perubahan dalam kasus penterjemahan. Jadi KDE 4.1 dirilis dengan sekitar 35.000 perbaikan atau perubahan setelah versi 4.0.

Perbaikan lainnya termasuk penyempurnaan semua pustaka dan aplikasi dan beberapa pembaruan seperti pada aplikasi pengelola berkas Dolphin dengan tampilan struktur 'tree' baru, seperti juga penambahan fitur Tabs. Pengguna dipermudah yaitu dengan satu klik saja dapat langsung mengkopi dan memindahkan berkas. Sebagai alternatif, fitur yang sama dapat dilakukan via aplikasi Konqueror. Penampilan baru juga dialami Gwenview, yaitu aplikasi untuk menampilkan dan mengelola gambar dari KDE.

Seperti setiap rilis KDE, selalu disertakan sejumlah program baru. Pada versi KDE 4.1 ini misalnya ditemukan antara lain Okteta, yaitu sebuah Hex-Editor, Ksystemlog membantu Admins mempermudah penelusuran Systemprotocol, sebuah pemutar CD Kscd, dan beberapa games seperti Kdiamond (sebuah clone dari Bejeweled), Kollision, Kbreakout sebagai varian dari Breakout dan Kubrick.

taken from gudanglinux.com

0 comments

Post a Comment

pearl machine detection

pearl YM

my pearl blog

pearl Counter

hit counter html code