Format suatu ketikan apakah itu surat, alamat surat atau jenis ketikan lain sering kita
temui mempunyai format atau bentuk maupun isi yang mirip. Namun perbedaannya hanya sedikit. Misalnya untuk surat undangan, isi dari surat undangan itu tetap sama untuk semua surat yang akan kita cetak yang berbeda adalah nama orang yang akan menerima (kalo dalam surat setelah kepada Yth Bapak .....), nah isi dari titik2 itulah yang akan membedakannya. Begitu juga dengan alamat pada amplop surat, bentuk frame untuk setiap amplop akan tetap sama tapi nama penerima dan alamat penerima akan berbeda. Lalu apakah
jika ada ratusan surat yang akan kita cetak maka kita harus meng-copy lalu paste sebanyak ratusan juga tentu pekerjaan seperti itu akan melelahkan sekali. Office menyediakan aplikasi yang dapat mempermudah anda bekerja dengan kasus yang anda temui itu. Untuk mempelajari lebih jauh baca selengkapnya.
Ikuti langkah-langkah berikut :
1. Buka Ms Office Word seperti biasa.
2. Pada menu Tools pilih menu mail merge.
3. Pada jendela yang muncul seperti di bawah
4. Pada button "create" pilih menu "Catalog" lalu Activate Now.
5. Pilih menu "Create Data Source" pada button Get Data
6. Pilih FirstName pada bagian Fields names in header row
7. Isi field Name contoh hendro. Lalu Ok dan simpan file
8. Edit data source untuk menambah data.
9. Anda dapat memasukkan data pada Data Form berikut ini
10. Lanjutkan pengisian dengan data lainnya dengan memilih Add New dan jika sudah selesai pilih OK.
11. Lalu ketiklah surat yang ingin anda buat, contoh seperti berikut :
12. Insert First Name lalu lanjutkan untuk alamatnya dengan menambah insert merge lalu address1. Maka proses merge file sudah selesai.
13. Maka hasilnya akan seperti berikut:
14. Selanjutnya anda dapat mem-print surat anda ato anda ingin melihat tampilan dari surat yang anda buat satu persatu, menggunakan toolbar seperti gambar berikut :